//]]>

10 Tips yang Patut Anda Lakukan Agar Cepat Selesai Menulis Skripsi



Skripsi pasti berlalu asal dikerjakan via blog.guerestu.com

Bagi mahasiswa semester akhir, skripsi adalah langkah akhir yang harus diselesaikan agar mendapat gelar sarjana. Tak ayal, skripsi menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Terlebih bagi mereka yang masih bingung harus memulai dari mana skripsi itu. Ada yang sampai berinisiatif mencari teman yang sudah duluan mengerti, bertanya-tanya kepada dosen, bahkan rela mengeluarkan goceh kepada "tukang" jasa pembuatan skripsi. Sebegitu menarik dan penting sekaligus menakutkan.

Namun demikian, jangan khawatir. Dunia belum berakhir kalau Anda punya kendala di situ. Masih banyak jalan menuju wisuda. "STAY CALM AND DO SKRIPSI. SKRIPSI PASTI BERLALU", Kira-kira begitu bunyi slogan yang berkembang di kalangan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani skripsi. Banyak cara agar skripsi yang sedang kita jalani bisa segera siap alias tidak molor. Berikut saya bagikan 10 tips agar cepat selesai menulis skripsi. Silahkan disimak!

1. Usahakan menulis sehari selembar. 
Menulis skripsi per lembar atau tiada hari tanpa skripsi dipercaya sebagai trik jitu yang tak terbantahkan. Banyak yang sudah melewatinya. Bayangkan saja, setiap hari Anda mengerjakan skripsi, lama-lama ya akan selesai juga. Ingatlah selalu! Hasil tidak akan mengkhianati proses.

2. Pahami metode penelitian dengan benar sebelum menulis bab 3.
Anda terlebih dahulu  harus betul-betul paham metode dan atau pendekatan apa yang akan Anda pakai dalam penelitian Anda nantinya. Dengan begitu, Anda tidak kalang kabut sendiri ketika mau melakukan penelitian. Anda bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing Anda sampai tuntas, sampai Anda benar-benar mengerti dan siap untuk terjun ke "lapangan" penelitian.

3. Cari bahan yang relevan untuk bab 2 lebih awal agar tidak pusing di tengah jalan.
Referensi atau bahan sebaiknya Anda cari sebelum mengambil judul tersebut. Apakah tersedia atau mudah mencarinya, Anda sudah duluan tahu. Jadi, kalau pun bahannya susah, Anda bisa ganti dengan judul yang lain dengan referensi yang lebih lengkap dan mudah didapat.

4. Bab 1 dan 3 bisa dikerjakan sekalian agar hemat waktu.
Ini bisa Anda siasati agar sekalian jalan. Karena bab 1 dan bab 3 biasanya selalu berhubungan dan berdekatan. Anda bisa menghemat waktu.

5. Jumpai pembimbing minimal seminggu sekali.
Nah, setelah Anda rasa cukup untuk menghadap pembimbing untuk konsultasi, maka bersegeralah. Manfaatkan waktu. Minimal seminggu sekali harus jumpa sama pembimbing. Kecuali dosen pembimbing memberikan jadwal khusus, yang mungkin seminggu bisa tiga kali jumpa. Anda harus mengikuti jadwal tersebut. Bimbingan pun lebih terarah dan bisa tepat waktu selesainya.

6. Selesai dibimbing,  cari arus listrik terdekat dan lekas edit sesuai saran.
Coretan, saran atau perbaikan dari dosen pembimbing sebaiknya Anda selesaikan dengan segera, guna menghindari kelupaan dan kesilapan kalau ditunda. Segera setelah selesai bimbingan, carilah warkop atau arus listrik terdekat untuk segera mengedit skripsi sesuai bimbingan dan arahan dosen pembimbing.

7. Jika diperlukan,  bawa printer dan kertas A4 dalam tas.
Nah, printer dan kertas A4 adalah syarat lain yang dapat memudahkan Anda dalam bekerja menyelesaikan skripsi. Setelah selesai dibimbng dan diedit, Anda bisa langsung print. Waktu lebih efisien.

8. Pastikan kabel printer dan laptop terhubung.
Ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan kabel printer dan laptop Anda terhubung agar proses ngeprintnya berjalan lancar. Kalau listriknya mati, tunggu hingga menyala.

9. Mulailah dari sekarang
"Cobalah, niscaya kamu akan menjadi orang yang tahu". Begitu pepatah Arab mengatakan. Cobalah mulai sekarang, jangan tunda lagi. Karena menunda-nunda tidak baik bagi kesehatan. Skripsi tidak bakalan selesai. Percayalah!

10. Semoga cepat disidang.
Setelah tahap demi tahap Anda ikuti, kini tibalah saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas agar bisa segera disidangkan. Hal ini tentunya setelah Anda menyelesaikan bimbingan dengan dosen pembimbing Anda sekaligus menyetujui skripsi Anda untuk segera disidangkan.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat dan Anda bisa segera sidang dan akhirnya wisuda.

Baca juga: Aku Terancam Wisuda

Kredit: tips-tips diatas saya ambil dan sarikan dari laman Facebook Masykur Mahmud.

Share on Google Plus

About Lintasanpenaku

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment