//]]>

Ini Alasan Kenapa Tahun Kabisat Adalah Tahun yang Istimewa

Ada yang berbeda di bulan dan tahun ini, Februari 2016. Bulan Februari biasanya hanya sampai dengan tanggal 28, tetapi tahun ini ada tanggal 29-nya. Inilah yang dinamakan dengan tahun kabisat atau Leap Year dalam kalender Masehi atau tahun syamsiah--perhitungan hari menurut peredaran matahari.

Tahun kabisat terjadi setiap empat tahun sekali, atau tahun yang dapat dibagi 4. Sebelum tahun 2016, tahun 2012 adalah tahun kabisat. Secara gambang dapat dipahami sebagai berikut.

Jumlah hari di tahun masehi adalah 365 hari, tetapi setiap empat tahun sekali terjadi loncatan atau leap menjadi 366 hari. Jika tahun itu bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900) itu bukan tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun yang dapat dibagi 400 (seperti tahun 2000) atau dapat dibagi empat. Kalau tidak bisa dibagi 400 atau empat, maka itu bukanlah tahun kabisat. Misalnya, tahun 2017.

Syukurnya, tahun ini menjadi moment tak terlupakan bagi orang-orang yang lahirnya di tanggal 29 Februari. Bagaimana tidak, perayaan atau sekadar syukuran bagi mereka yang lahir di tanggal ini hanya terjadi empat tahun sekali.

Jadi, berbahagialah bagi Anda yang lahir pada tanggal ini. Selain tanggalnya langka, juga penambahan umur Anda terjadi empat tahun sekali. Bukan bertambah setahun ya, empat tahun, lho. Anda termasuk orang-orang yang istimewa. Sudah sepatutnya Anda bersyukur. Benar, walau pun ada yang memperingatinya pada tanggal 28 Februari atau 1 Maret setiap tahunnya.

Berikut beberapa alasan kenapa tahun kabisat ini menjadi istimewa.
1. Diperingati hanya empat tahun sekali
Bisa Anda bayangkan betapa istimewanya Anda yang lahir di tanggal 29 Februari. Tanggalnya langka, hanya ada setiap empat tahun sekali. Sudah sewajarnya Anda bersyukur dan sebaliknya tidak berkecil hati. Meskipun hanya diperingati setiap empat tahun, tapi ini merupakan hari yang sangat sangat istimewa.

2. Persiapan peringatannya sudah dilakukan sejak tiga tahun yang lalu.
Biasanya, orang dengan tanggal lahir 29 Februari akan mempersiapkan jauh-jauh hari dimana dan bagaimana akan dirayakan. Namanya juga langka.

3. Anda bisa menciptakan moment-moment istimewa.
Pada tanggal 29 Februari, Anda bisa menciptakan sebagai hari yang istimewa, baik untuk travelling, starting point, memberikan hadiah kepada orang spesial, memantapkan hati, atau mungkin juga move on.

4. Leapling atau leaper adalah sebutan bagi orang yang lahir para tanggal 29 Februari.
Peluang mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari adalah 1:1461. Setidaknya, ada 5 juta leapling di seluruh dunia.

5. Beberapa negara bahkan membuat tradisi unik.
Irlandia, misalnya, membuat tradisi dimana wanita boleh melamar laki-laki pada hari kabisat, 29 Februari. Di Anthony, Texas, Amerika Serikat, dikenal sebagai ibukota hari kabisat dunia. Setiap tanggal ini, digelar festival untuk merayakan hari jadi para leapling.

6. Sebaliknya, ada negara yang menganggapnya sial.
Tahun kabisat atau tanggal 29 Februari di beberapa negara dianggap sebagai tanggal sial atau membawa nasib buruk. Diantaranya adalah Yunani, Italia, Rusia, Skotlandia dan Tiongkok (Cina).

7. Mempunyai bakat istimewa.
Beberapa astrolog menganggap bahwa mereka yang lahir di tanggal 29 Februari memiliki bakat yang istimewa. Beberapa pesohor yang lahir di tanggal 29 Februari adalah pencipta puisi Lord Byron, rapper Ja Rule, dan atlet football Darren Ambrose.

8. Bekerja gratis.
Bagi pekerja kantoran yang digaji dengan hitungan bulan --bukan harian-- mereka digaji dengan nilai yang sama seperti bulan Februari yang hanya sampai tanggal 28. Artinya, pada tanggal 29 Februari mereka gotong royong alias tidak dibayar.

Nah, itulah beberapa keistimewaan (beberapa menganggapnya hanya mitos) pada tanggal 29 Februari, tahun kabisat atau leap year. Semoga bermanfaat. :D
Tanggal 29 Februari adalah Hari Kabisat, via www.radarindo.com
Share on Google Plus

About Lintasanpenaku

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment