//]]>

Fokus dan Kontrol Diri

"Pemenang itu tidak panik. Tetap tenang dan bisa mengontrol diri dalam kondisi apapun. Sebaliknya, orang kalah itu mudah tertekan dan tidak bisa mengontrol diri dan suasana. Mudah marah dan terpengaruh".

Kalimat tersebut diucapkan dalam salah satu dialog film,Running Wild. Film tersebut bercerita tentang seorang detektif yang sedang menangani kasus korupsi dan mafia. Segala cara telah ditempuh, hingga tiba pada detik-detik terakhir terungkapnya kasus tersebut. Namun sayang, sang musuh masih bisa menekan si detektif. Ia terpedaya dan tidak bisa mengontrol dirinya. Akhirnya, si bandit itu pun bisa lolos dengan mudahnya dan menyisakan senyuman pahit bagi detektif.

Kenapa saya kutip dialog dalam film tersebut? Begini. Ketika dalam kondisi terdesak, terkadang kita akan kehilangan kontrol atas diri kita sendiri. Padahal, waktunya tinggal sedikit lagi menuju kemenangan. Itulah namanya emosi yang meluap-luap yang diluar kadarnya akan membuat kita lengah. Ujung-ujungnya, usaha yang telah lama kita lakukan seakan-akan hilang maknanya karena hasilnya tinggal sedikit lagi.

Nah, demi menghindari yang demikianlah kontrol diri itu sangat perlu. Dalam bidang apapun yang sedang kita geluti. Hingga tak ada yang dapat memanipulasi emosi kita yang berakibat kepada kerugian. Tetaplah tenang. Fokus dan kontrol diri yang kuat demi sebuah persembahan yang kita idamkan kita nantinya. Karena hanya dengan begitu, proses yang kita lalui menuju "itu" di kemudian hari akan sangat berguna kalau kita mau bersabar dalam sebuah proses.
Sumber gambar: mattzavadil.com
Share on Google Plus

About Lintasanpenaku

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment