//]]>

Akhir Cerita


Akhir cerita, tamatlah sudah. Via pieria.co.uk
 
Sebuah cerita akan berakhir. Baik atau buruk, senang atau tidak, karakter utama hidup atau mati, atau kemuncunculan tokoh baru, atau bingung. Bingung yang saya maksudkan di sini adalah keadaan dimana pembaca atau penikmat cerita tidak tahu apa yang diceritakan. Atau, bisa juga dengan mengambang. Penikmat cerita harus menerka sendiri lakon apa yang akan dimainkan oleh tokoh tersebut. Sehingga, sebuah kisah akan berakhir sudah.
Begitu pun dengan cerita yang diangkat dari dua sisi, alias twist. Beberapa penulis cerita, pengarang, ada yang tertarik dengan alur demikian. Ada perasaan yang gimanaaaa gitu…...
Jika Anda seorang pengarang, minimal penikmat cerita, tentu Anda menginginkan sesuatau dari sebuah bacaan tersebut. Katakanlah karena cara bercerita si pengarang yang unik, Anda ingin meneruskannya. Atau seakan Anda berada di dalam cerita tersebut, Anda tak akan puas sebelum menghabiskan bacaan itu.
Terkadang, ada pula orang yang hanya ingin tahu akhir ceritanya seperti apa. Dia tidak mau tahu cerita awal atau klimaks ceritanya bagaimana. Yang penting akhir. Apakah berakhir happy ending atau sad ending.
Dalam kehidupan sehari-hari, adakala orang tidak mau tahu “susahnya” ketika mencapai sebuah kesuksesan. Berapa kali ia pernah gagal? Berapa kali ia bangkit dari keterpurukan? Apakah ia pernah berada di atas lalu jatuh dan bangun lagi? Bagaimana ia bisa survive? Apa motivasi atau ada apa dibalik semua itu? Tidak. Sebagian orang hanya peduli dan tampak di matanya ketika seseorang itu sudah berjaya. Yang ia inginkan hanya “sekarang ia sukses”. Proses dan segala upaya yang pernah “orang sukses” itu lakukan tidaklah penting. Hasil akhir itu apa dan bagaimana? Selesai.
Nah, kita inginkan akhir cerita itu seperti apa? Mengikuti keinginan orang lain atau menjalani proses yang kita inginkan dan menghadapi konsekuensi dari pilihan kita. Toh, orang tak mau peduli dan ambil pusing dengan proses yang kita jalani. Yang mereka inginkan, terkadang, hanya cerita sukses. Bukan cerita apa dibalik sebuah kesuksesan itu. “Living is making decisions and dealing with the consequences”, hidup adalah tentang membuat pilihan dan berhadapan dengan konsekuensi, kata Paulo Coelho.
Akhirnya, akhir cerita itu tidaklah terlalu penting jika kita memang terus berusaha dan memberikan yang terbaik yang kita bisa. Biarlah Sang Khalik yang menentukan akhir cerita kita. 
Share on Google Plus

About Lintasanpenaku

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment